Juknis JAMKESMAS 2009

22 12 2009

Selasa, 22 Desember 2009 @ Bukit Alamanda

Berdasarkan Juknis Jamkesmas 2009, melalui SK Dirjen Binkesmas No. HK.02.04./BI.1/2708/09, pengelolaan Program Jamkesmas dan Jaringannya mendapat sedikit perubahan. Perubahan tersebut tentu merupakan hasil evaluasi saksama yang di lakukan Departemen Kesehatan dan jajaran lainnya. Perubahan yang signifikan adalah adanya spesifikasi mengenai kegiatan yang dilakukan, sehingga setiap kegiatan diharapkan bisa meningkatkan indikator program kesehatan, terutama yang secara langsung berkaitan dengan Indeks Pembangunan Manusia.

Secara lebih rinci, perubahan tersebut berikut dengan perubahan manajemen pelaksanaan di Dinkes Kab. Garut adalah sebagai berikut:

  1. Diharapkan Puskesmas bisa membuat perencanaan (POA) yang lebih baik terhadap semua kegiatan yang akan dilaksanakan dengan sumber dana JAMKESMAS.
  2. POA dimulai dengan kajian terhadap kebutuhan kegiatan yang disesuaikan dengan evaluasi tahunan puskesmas, yang kemudian dijabarkan ke dalam perencanaan (POA) tahunan lengkap dengan indikator serta target pencapaian selama satu tahun. Hal ini memiliki implikasi bahwa sudah tidak layak lagi pengalokasian dana -seperti persalinan- berdasarkan persentase dari dana keseluruhan yang diterima (20% dana Jamkesmas) tetapi harus berdasarkan hitungan proyeksi Ibu Hamil yang ada di daerah tersebut.
  3. Tidak ada lagi pengalokasian dana untuk bahan habis pakai seperti obat-obatan dan bahan medis lainnya.
  4. Pada Tahun 2010 untuk Kabupaten Garut, Biaya trasport petugas kesehatan ke Posyandu seluruhnya akan dibiayai oleh dana JAMKESMAS. Sehingga,  sebagian biaya trasport Posyandu yang selama ini dibiayai dari BOP akan dihentikan.
  5. Untuk penanganan gizi buruk berupa PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dengan dana yang bersumber dari JAMKESMAS, sudah tidak diperkenankan kembali. Dana PMT akan bersumber dari dana selain Jamkesmas.

Semua perubahan tersebut diharapkan bisa memberikan daya ungkit yang jelas terhadap peningkatan program kesehatan. Dengan indikator yang jelas, Sasaran yang nyata, dan Kegiatan yang faktual diharapkan Kabupaten Garut bisa meningkatkan indeks pembangunan kesehatannya. Bagi Rekan-rekan di Puskesmas, kini saatnya untuk mulai bergerak, menyatukan langkah, merapatkan barisan membangun negeri tercinta ini dengan karya NYATA, “Memberi Kesehatan Bagi Sesama, Menyongsong Indonesia Sehat 2010″


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: